SELAMAT DATANG







Terima Kasih atas kunjungan anda di website saya



Di website saya ini akan saya informasikan tentang lowongan pekerjaan, bagi kamu-kamu semua yang belum memiliki pekerjaan atau yang sedang mencari pekerjaan.lowongan pekerjaan ini akan selalu saya update, Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.



04 February 2012

REAKTOR NUKLIR


  Reaktor nuklir adalah alat yang berupa tempat terjadinya reaksi inti berantai baik fisi maupun fusi.          

Pada umumnya sebuah reaktor mempunyai komponen - komponen sebagai berikut :
                                   

1. BAHAN  BAKAR
    Bahan bakar berupa uranium (U-235) yang sudah diperkaya, kemudian diletakkan pada teras reaktor didalam moderator.

2. MODERATOR
   Moderator berfungsi untuk menurunkan energi neutron dari energi tinggi menjadi energi termik dengan cara menurunkan atau memperlambat kelajuannya. Bahan moderator dapat berupa air (H2O), air berat (D2O), grafit dan berilium.

3. BATANG  KENDALI  ATAU  BATANG  KONTROL
    Batang kendali berfungsi sebagai pengendali populasi neutron dalam reaktor, oleh sebab itu batang kendali terbuat dari bahan yang dapat menyerap populasi neutron. Bahan batang kendali biasanya terbuat dari material yang mengandung boron atau cadmium.

4. PENDINGIN
    Pendingin berfungsi menjaga temperatur pada seluruh sistem pada reaktor, Bahan pendingin dapat berupa air atau karbondioksida.

5. PERISAI  ATAU  WADAH
    Perisai berfungsi sebagai penahan reaktor dari tekanan dan radiasi.Oleh karena itu bahan perisai harus terbuat dari bahan yang kokoh dan tidak tembus radiasi. Pada umumny perisai tebuat berlapis baja tebal, bata tahan panas dan timbal sebagai bahan penahan radiasi.

1 comment:

  1. kalau ingin bekerja di reaktor nuklir . harus lulusan apa ?

    ReplyDelete